Membedakan Jahit Kaos Jenis Rantai Dan Jahit Biasa

Membedakan Jahit Kaos Jenis Rantai Dan Jahit Biasa

Cara Membedakan Jahit Kaos Jenis Rantai Dan Jahit Biasa bisa diketahui dengan melihat jahitan di bagian rib/ karet leher bagian belakang. Pada jahit rantai sering dijadikan standard kualitas terutama untuk kaos-kaos distro. Jahit rantai tidak diaplikasian di seluruh jahitan pada kaos, melainkan hanya pada area tertentu saja yaitu di bagian belakang karet leher, dan umumnya Cuma di kaos oblong.

Secara keseluruhan dalam produksi kaos, kaos memiliki banyak pilihan jahitan yang memiliki hasil berbeda pada finishing prosesnya. Seperti pada kaos yang memiliki tekstur atau serat yang berbeda-beda dengan kain lainya juga memiliki teknik menjahit sendiri yakni, jahit kaos rantai dan jahit biasa.

 

Trend kaos distro menggunakan jahit rantai
Trend kaos distro menggunakan jahit rantai

 

Jahit biasa di bagian leher
Jahit biasa di bagian leher

Membedakan Jahit Kaos Jenis Rantai Dan Jahit Biasa

Salah satu dari banyakya jenis jahitan pada kaos adalah jahitan rantai. Jenis jahitan ini merupakan jenis jahitan yang paling penting dalam menjahit kaos distro. Sesuai dengan namanya jenis jahitan ini akan menghasilkan jahitan yang terlihat seperti rantai.

Jahit rantai digunakan untuk menjahit kaos mulai dari pundak kiri sampai kanan dan melewati belakang leher. Jenis jahitan ini difungsikan untuk menjaga keawetan dan kualitas dari kaos sehingga akan mengurangi kerusakan yang mungkin dialami seperti jahitan terlepas atau kaos yang berlubang karena jahitannya terlepas, selain keawetan juga menambah estetika

Untuk menjahit rantai pada kaos dibutuhkan mesin khusus. Mesin ini juga disebut mesin rantai, entah apa sebutan aslinya namun di konveksi nama inilah yang sering dipakai. Mesin ini memiliki kecepatan tinggi layaknya mesin jahit pada umumnya yang di pakai dikonveksi. Selain mesin ini dipakai untuk membuat jahitan rantai pada belakang leher, mesin ini juga bisa dipakai untuk membuat variasi strip, bisa dijumpai di celana-celana trining yang menggunakan strip 1, 2 maupun 3. Meskipun strip lebih sering dikerjakan dengan mesin overdeck. Keduanya bisa menjadi pilihan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan terutama mesin jenis mana yang dimiliki karena tidak semua mempunyai mesin rantai

Perbedaan dari jenis kain ini lah yang mengharuskan produsen untuk menggunakan teknik tertentu dalam proses pembuatan kaos agar kualitas dan keawetan kaos dapat dipertahankan sesuai dengan keinginan pembeli.

Jenis jahitan rantai menjadi standard penjahitan untuk kaos yang berkualitas. Sudah banyak dari produsen yang menggunakan teknik ini. Tak khayal banyak konveksi kaos surabaya kota sby jawa timur Menggunakan jahit rantai untuk menambah estetika dan menaikkan standart kualitas kaos.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *